Two Fine Day

Beberapa hari yang lalu, saya dapat kesempatan untuk ikutan workshop jurnalis.

Cerita bermula ketika Alfi tiba-tiba minjem lepi, dia bilang mau dipake buat acara kampusnya. Next day dia telfon saya untuk mastiin kapan lepinya bisa dijemput dan bilang "Fiqa, kau dapat tiket gratis ni. Mau ga?". 



Walaupun awalnya mageran gitu karna gapaham ini workshop apa, tapi ya udahlah, ketimbang saya dirumah juga ga ngapa-ngapain kan.

Long story short, sampailah saya di salah satu gedung kuliah anak FISIP USU dan workshopnya pun di mulai. Serius nih, saya ga tertarik sama sekali soalnya pembawa acaranya lumayan bikin bosen sih, sampai akhirnya saya liat di jarak tiga baris dari tempat saya duduk ada Mas Benny Dermawan! Omaygat, kampungannya saya keluar dong, tentu saja. Secara gitu yah, biasa cuman liat Mas Benny pagi-pagi di redaksi bareng Mbak Dian Ayu, eh ini didepan mataloh, masyAllah.

Tapi nih yah, yang bikin saya excited ga cuman karna ada Mas Benny dan reporter acara Trans 7 lainnya, tapi dari workshopnya sendiri emang menarik dan sayang sekali untuk dilewatkan. Di workshop ini, saya belajar banyaaaak sekali ilmu baru yang sepertinya ga bakal saya dapetin di tempat lain. Saya belajar bagaimana memproses sebuah liputan hingga akhirnya bisa tayang di televisi. Mulai dari meeting konsep, cara menyetel kamera, cara mengambil gambar dari angle yang tepat, cara dubbing, cara editing, duhh banyakk sekali sodara-sodara. Ga ketinggalan beberapa host atau pembawa acara dari program-program trans 7 seperti, Tau Ga Sih, Doeloe Sekarang, Jejak Petualang, Jejak Si Gundul, dan tentunya Redaksi yang nyeritain gimana suka-dukanya jadi pembawa acara dan ngasih tips dan trik jadi jurnalis profesional tapi tetap eksis.


Hari pertama full dengan materi. Dihari pertama ini nih, kita diajarin gimana cara ngambil gambar yang tepat secara teori, latihan mengolah vokal untuk dubbing, ptc untuk liputan dan dasar-dasar editing. Semuanya serba teori, tjoy!!

Dan dihari kedua, kita dibagi menjadi 10 kelompok yang masing-masing dikasih mentor dan tema liputan. Nah, saya jadi bagian tim 6 nih, dan dimentorin sama crew trans7 yang lucu dan menggemaskan, Mbak Yoli. Kita di bebaskan untuk keluar dan mencari narasumber untuk dijadikan liputan. Dihari kedua ini kita bener-bener ngerasain gimana suasana produksi sebuah berita. Camera Person dan Reporter start jam 6 pagi dan deadline jam 10 pagi untuk ngambil gambar dan mewawancarai narasumber. Sedangkan untuk editing dan dubbing dikasih waktu sekitar 4 jam untuk mengolah hasil dari team liputan hingga siap nantinya untuk tayang di jam 3 sore.

Di hari kedua saya dapat kesempatan untuk jadi editor nih. Sebenarnya, kemampuan ngedit saya masih cetek banget, haha. Tapi gapapalahyah, kan niatnya belajar, jadi gapapadeh kepedean ngangkat tangan dan bilang, "Mbak Yoli, saya jadi editor deh" hehe.
Enak bil? Jd editor?
Sebelumnya, saya mau ceritain dulu nih, kalau disaat beberapa tim yang lain pergi ke luar buat ngambil gambar dan wawancara narasumber, kami (para editor) dikasih pelatihan singkat nih gimana cara ngedit untuk liputan. Dikasih tau bagian-bagian dari aplikasi, cara menggunakannya, sampai dengan batasan-batasan yang bisa dilakukan untuk ngedit sebuah liputan.

Pas mas Benny ngejelasin, saya sih nggeh-nggeh ae karena keliatannya tidak terlallu sulit. Wong tinggal caplok caplok video aja kok. Tapi yo, setelah tim pulang dari liputan, dan saya nerima file mentah, kok rasanya deg degan luar biasa. Ngebayangin ngedit 2-3 menit video dalam waktu 4 jam, saya kehabisan akal sodara-sodara. Semua hasil meeting di hari sebelumnya ga kepake sama sekali karena gambar yang Campers ambil ga sesuai dengan kesepakatan. Saya putar otak dong, gimana nyelamatin konsep. Beneran deh, seumur-umur saya ga pernah tu deg-degan ampir seharian. Mana pas di sejam terakhir saya mulai hopeless karena lepi yang mulai lambat nge-render video, sementara si mbak dari kelompok lain yang duduknya didepan saya mulus banget hidupnya kala itu, seperti ga ada cobaan hidup sama sekali! Belum lagi, mas Roland yang heboh bgt ngegodain mentor saya, Mbak Yoli dan bilang kalau kelompoknya dia tinggal export, sementara editan saya masih di opening, padahal waktu ga sampe sejam lagi.

let me say, ini pengalaman berharga buat saya karena diworkshop ini saya bisa kenal banyak orang, ga cuman nambah kenalan anak FISIP USU doang, saya juga banyak kenal anak-anak dari kampus lain yang juga punya minat di jurnalis.

saya bisa belajar kerja sama team dibalik sebuah produksi acara televisi. saya bisa jadi apapun di workshop ini. Saya bisa jadi editor dan ngerasain deg-degannya diburu deadline tayang. Saya bisa jadi dubber dan berekspresi sepuasnya lewat suara. Saya bisa jadi cameramen dan tau do and don't ketika mengambil gambar untuk sebuah liputan. Saya bisa jadi produser dan berfikir keras bagaimana membuat konsep yang baik dan kreatif untuk sebuah liputan. Saya bisa jadi koordinator liputan dan mengawasi semua kinerja teman satu team. Dan tentu saja, saya bisa jadi reporter yang menginformasi masyarakat dan tetap eksis didepan kamera.

Terimakasih Trans7! Jangan kapok datang ke Medan yah!!

Comments