Menjadi Seorang Mahasiswi (Teknik Sipil)

Ceila, judulnya kesannya sombong amat yakkk. 

Tenang, tenang. Saya ga ada maksud buat meninggi atau apa, kok. Judul diatas memperjelas aja kalau saya Mahasiswi Teknik Sipil

Balik dari kos Anis tadi sore, saya kepikiran untuk nulis tentang kehidupan saya semenjak jadi mahasiswi Teknik Sipil. Maksudnya sih, buat ngasih gambaran ke teman-teman dari jurusan lain atau dari institusi lain yang mana tau penasaran sama kuliahnya mahasiswa Politeknik dan terkhusus buat adik-adik kelas 12 yang lagi sibuk-sibuknya nentuin jurusan untuk SNMPTN atau SBMPTN. Tulisan ini murni lho dari pendapat dan apa yang saya rasain. Warning!!! Pengalaman tiap orang beda-beda ya, Dik.

Saya ga bakal cerita tentang gimana susahnya mengerti dosen yang tukang ngambek paham mata kuliah mekanika rekayasa, atau besarnya lengan saya setelah praktek modified compaction-nya lab tanah. Bukan, bukan cerita yang seperti itu.



Jadi, saat ini saya terdaftar sebagai mahasiswi jurusan Teknik Sipil program studi Manajemen Rekayasa Konstruksi Gedung di Politeknik Negri Medan. Dari nama prodi yang panjang sekali itu keliatan lah ya, kalau konsentrasi saya dan teman-teman se-prodi itu seputar biaya dan hal-hal lain yang menyangkut jalannya sebuah proyek konstruksi terkhusus konstruksi gedung.

Jadwal Kuliah Tertata Rapi
Bukannya promosi atau apa, tapi enaknya kuliah di Polmed itu, jadwal kuliahnya ga berantakan, alias rapi. Masuk jam setengah 8 pagi dan pulang jam 1 siang. Persis kaya anak SMA. Kelas juga itu-itu aja. Kita (mahasiswa) tinggal nunggu aja dikelas, entar dosennya yang masuk. Jadi ga ada tuh, cerita mondar-mandir nyari kelas kosong.

Ga Rame Kaya Pasar Kaget
Sempat kaget pas saling bagi-bagi cerita tentang perkuliahan sama teman SMA, mereka bilang sekelas bisa sampe 90-an orang. Lah itu kelas apa pasar, rame amat?
Di kampus saya sih dibatasi hanya +- 30orang perkelas. Ga rame amat, ga sepi amat juga. Tapi khusus di kelas saya, total cuman 19orang. HAHA. Awal pertama kali masuk, di daftar absen banyak personilnya. 28 orang, kalau ga salah. Tapi, di awal pertama kali masuk aja udah ada 7 orang kaya yang udah bayar uang ini itu tapi ga masuk satu semester. Horang kayah dianyahh... Gatau deh alasannya. Terus makin kesini berkurang lagi dua orang perkara PKA (cuti).

Titip Absen adalah Dongeng
Nah, ini mulai cerita ga enaknya. Karena personil perkelas yang ga terlalu banyak, dosen di Kampus saya rajin banget kaya guru SMA. Tiap ngabsen dipanggilin satu-satu, sambil diliatin mukanya. Katanya sih, biar tanda orangnya, jadi ga salah ngasih nilai. Jadi, yang namanya titip absen itu cuman dongeng. 

Telat? Mending Cabut Seharian, Percayalah!
Nah, ini bagian paling ga enak kuliah di Polmed, terkhusus jurusan Sipil. Ada yang namanya kompensasi. Saya udah pernah jelasin terntang kompensasi disini. Klik aja kata yang warna merah. Lebih-lebih kali-kalian di jurusan Sipil itu gedenya naudzubillah. Bikin kantong mahasiswa dompet tipis kaya saya makin meralat hidupnya. Ya, sebenarnya ini ngajarin mahasiswa buat hidup disiplin dan lebih menghargai waktu dan uang. Tapi yo namoe mahasiswa, ndak bahagialo nyo pabilo indak talambek, haha. (yang ngerti bahasa minang, please jangan ketawain saya)

Tugasnya Ga Banyak, Tapi....
Iya, tugas anak sipil di Polmed sebenarnya ga banyak. Kalian masih bisa kerja part time atau ngebangun bisnis kecil-kecilan selesai jam kuliah. Tapi, buat anak yang ga pinter-pinter dan loadingnya lama kaya saya, tugas yang sedikit itu tetap aja beban. Soalnya saya ga ngerti secuilpun yang dosennya jelasin. Percayalah, saya pernah nangis tengah malam karena nonton drama korea saya yang cuman mangut-mangut seakan ngerti pas Dosen Mekanika Tanah jelasin materi, tapi pas dikasi tugas dan coba ngerjain dirumah saya malah bengong  kaya orang bego gatau ini soal mau diapain. Sampe akhirnya kesel sendiri, marah-marah sendiri, terus nangis. Iyah, cengeng sayanya mah -_-

Bengkel dan Lab adalah Arena Bermain, Yakaleeee!!!
Katanya sih, specialnya kuliah di Politeknik itu prakteknya lebih banyak, teorinya dikit. It Means kegiatan di kelas juga ga banyak. Iyasih, tapi ga tiap semester. Cuman di Semester 3 kayanya. Namanya praktek yah, ga banyak di awasi, jadi waktu mainnya banyak. IYA! KALAU KALIAN SEKELAS BANYAKAN COWO KETIMBANG CEWE.
Lah, di Kelas saya, total 19 orang. Cewe 14 cowo 5. Iya! Kalian ga salah baca. Ini kelas teknik yang dari total perbadingan mahasiswa dengan mahasiswi-nya keliatan kaya kelas kecantikan. Cowonya minoritas. Jadi kebayangkan, kalau pas praktek di Bengkel, ambillah contohnya bengkel drainase yang which is gali-gali tanah sampe dalemnya 1,5m tapi yang ngerjain 4 cewe dan 1 cowo. Jangankan mikirin main atau si cewenya licik cuman duduk-duduk terus update snapgram, yang ada MAU NANGIS NGEGALINYA!!

Ga Paham? Mati Aja Udah
Saya bukannya nakut-nakutin, Dik. Tapi, materinya sulit. Iya, kalau kalian nanya saya, saya ga paham sama sekali di beberapa mata kuliah. Pernyataan diatas sebenarnya fleksibel sih, kalau kalian jenius ya pasti mata kuliah yang bagi saya sulit, buat kalian seujung kuku aja engga. 
Tapi buat saya yang ga rajin-rajin amat belajar, terus juga loadingnya lama, terus juga lemot nyatetnya, banyak mata kuliah yang ga tercerna dengan baik dan akhirnya saya ga ngerti. Akibatnya apa? Saya stuck di mata kuliah sejenis di semester selanjutnya. Kalau udah gini, gimana? Terpaksa lah waktu liburan saya pake buat belajar materi yang sempet ga saya pahami itu. Huhuhuuu

Tapi dari semua cerita yang saya paparkan diatas, saya menikmati kok jadi Mahasiswi Teknik Sipil di Politeknik Negri Medan. Karena jadwal kuliahnya tertata rapi, saya jadi gampang ngatur waktu dan jadwal buat belajar untuk uts atau uas. Ibaratnya, nyicil belajar buat ujian. Ini efektif lo, menghindari sistem kebut semalam. 
Karena sekelas ga rame banget, saya jadi bisa deket sama tiap orang di kelas. Dan saya punya banyak kesempatan untuk bertanya ke dosen waktu jam mata kuliah.
Karena ga ada kesempatan titip absen, saya harus jadi rajin-rajin kuliah. Karena ada kompensasi juga saya jadi harus disiplin waktu.
Karena tugas yang ga banyak, saya jadi punya banyak waktu untuk mempelajari materi-materi yang sulit itu.
Semua kegiatan bengkel dan lab bikin saya makin percaya diri sebagai wanita. Karena disitu, perempuan atau laki-laki dituntut harus bisa nge-las, harus bisa motong kayu sendiri pake gergaji atau mesin, pokoknya pekerjaan yang selama ini dimata saya adalah pekerjaan laki-laki, dibengkel dan di lab saya dapat kesempatan untuk ngelakuin pekerjaan-pekerjaan itu.

Jadi, mau gimanapun kuliah kamu, jurusan apapun kamu, sesibuk apapun kamu, coba deh lihat dari jendela yang berbeda, pasti ada hikmah dan faedah nyata yang kamu dapetin. 

Dan buat adik-adik yang baru mau kuliah, jurusan apapun kamu, sebenarnya sama aja. Ga ada yang namanya, jurusan A peluang kerjanya lebih besar dari jurusan B. Yang harus kamu lakukan hanya konsisten dan belajar yang serius di jurusan apapun kamu nantinya. Karena, rejeki ga bakal ketuker. Udah ada Allah yang ngatur, tinggal usaha sama doanya aja di maksimalin.

Akhir kata, semoga tulisan ini ga cuman buang-buang waktu kalian aja dan semoga tulisan ini cukup informatif untuk kalian baca dan jangan lupa doain IP saya semester ini bagus, yakkk hehe

Terimakasih sudah baca,

Syapna 

Comments

  1. bila!!!!!!!! sama kayak yang anti rasain. ternyata di teknik juga sikit ya cowoknya, kirain banyak makanya cewek2 suka ke teknik nyari2 cowok wkwkkw, kaya di AB juga bil banyak yang cewek drpd yang cowok wkwk, terus kita gak ada lab2an paling lab komputer yang belajarnya surat,ngetik2,aplikasi komputer bisnis dan sebagainya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya yah? Hahaha. Di teknik banyak cowo nti, percayalah. Tapi dikelas aku beda kasus, cowonya dikit hahaha. Kalau dikelas lain mah banyak cowonya. apalagi prodi TPJJ. Temen anti suruh sering-sering main ke lorong anak TPJJ, banyak tuh cowonya hahaha.
      Ga ada lab malah enak nti, mainnya komputer, ac-an terus, lah kami? udah di lab panas, baju kotor sama semen pasir tanah, belum lagi urat ditangan pada nongol semua perkara ngangkat angkong hahaha.
      Intinya dinikmati sajalah, yakan?

      Delete
  2. Cerita nya hampir mirip sama yang saya alami ka hehe, dikelas juga pertama masuk itu ad 36 org ehh seiring berjalan wktu smpe skrng tinggal 22 org dikls cwe nya tinggal 9 yg dlu nya hmpir separo nya 33 hehe ..ya wjr kalo teknik hehe .susah yaa susahh emng aku alami susah bgt jd anak teknik sipil,apalagi kalo dah ada tugas Astgaaa pengen nangisss tidur ga nyenyak makan pun tak enak hmm 😭 tpi dengan berjalan nya wktu muda2 terjalankan sampe wktunya wisuda nanti kakl

    ReplyDelete

Post a Comment