TRIP TO Mt. SIBAYAK : UANG PAS-PASAN DAN KETINGGALAN SUNRISE

"Belum jadi mahasiswa kalau belum ndaki gunung"
Kalimat yang ga bisa di buktikan kebenarannya, tapi bener-bener ngeganggu aku. Jadi waktu itu, anaknya temen mamaku, Dhanu namanya, ngomong kaya gitu. Dia bilang kalau "Belum jadi mahasiswa kalau belum ndaki gunung" terus dengan embel-embel "Jangan kasih izin kalau ndakinya ga bareng dhanu" (Kan bodattt-_-)




Sebenarnya keinginan buat ndaki gunung itu udah luamaaa sekalii, tapi karna mamaku yang dengan alasan "Fisik mbak itu lemah" gak izinin aku mendaki gunung. Lah, jadi bisa buat postingan begini, gimana ceritanya bilz? HAHA tenang duluuu. Ada banyak jalan menuju roma.



Aku ceritain dulu awalnya, 
Jadi awalnya si bdt Iky tiba-tiba kerumah. Ya zeperti biaza yaaa kerumah w main dateng-dateng gitu aja gapake basa-basi ngeline atau bm dulu "Dat, aku kerumah". Singkat cerita dia sampe rumah aku dan disitu itu aku lagi boci (dibaca : efek libur, nothing to do, akhirnya pembodohan dengan tidur siang) terus tiba-tiba mama heboh ngeganggu mimpi indahku bersama doi (?) "Billl.... Ada iky ituuu" Duarrrr mimpipun berakhir (bdt kau memang ky-_-)

Ternyata dia kerumah itu, ngajakin beli tiket smantig fest yang emang udah jauh-jauh hari kammi rencanain buat nonton. Fyi, di acara itu bintang tamu utamanya Hivi! sama goldie. My bestfriend know that i like goldie so much, haha. Berhubung temen yang suka electro music cuman si bdt ini aja, jadideh aku ajak dia buat nonton smantig fest ini.

Tiket smantig fest udah ditangan, dannn ga tau mau kemanaaa. Si bdt ini ngajakin ke penatapan, terus aku bilang "Oke, yok penapatan" asli ini modal nekad karna isi dompet cuman tiga lembar uang 10rb. Bodo amat. 

Sebelum ke Penatapan, ngumpulin kekuatan dulu dengan ngehubungin anak-anak jenius dimana (anak jenius = temen-temen kuliah aku. Well, nama adalah doa, right?). Semua anak jenius udah  ngumpul di Mcdonals Ringroad, dan ga tau mau kemana. Diajak ke Penatapan malah bilang "Nanggung, cuman makan abis itu pulang? capek dijalan, sayang minyak mobil". Akhirnya buat planning lain mulai dari ke siantar-nginep rumah fara atau anis sampe akhirnya kita mutusin buat ndaki.

Pergi ndaki, emang dikasih izin sama mama, bil? ya engga lah haha, sebelum akhirnya fix ke Sibayak, Dinda udah nelpon mama duluan buat izin nginep dirumahnya karna ada acara bakar-bakar. Dan ga nyangka juga kalau dikasih, so jalan menuju sibayak dari segi 'ga ketauan mama' AMANNN.

Aku sama Iky itu sampe Mcd sekitar jam 5-an dan ngarettt banget sumpah sampe jam setengah 9 semuanya ngumpul lagi di rumah fauzan buat siap-siapin segalanya untuk ndaki mendadak ini. Jangan tanya persiapan, karna ini zuper duper mendadakkk. Ga ada bawa bekal makanan sama sekali, Jaket yang aku pake itu hasil minjem punya Dinda dan trainingnya minjem punya Rafi. Dan dengan penyesalan sepanjang jalan aku hari itu ndaki pake converse (converseku yang malanggg)




Semua siap, dan cusss ke Brastagi jam 11 malam. Jadi kami itu ke Brastagi 3 kereta, Aku-Fauzan, Rafi-Fara, dan Iky-Rosi. Cusss sampe Sibolangit sekitar jam setengah 1 malam. Kenapa lama banget diperjalann? Karena mereka para lelaki bawa keretanya nyantai. Sampe Sibolangit kita mutusin untuk istirahat dulu dengan tidur di bungalow sekitar situ. Budget bungalow yang awalnya cuman 100rb buat dua kamar, malah membengkak jadii 190rb untuk dua kamar, damn. Oke, ini masih tertangani karna badan juga udah ga tau lagi apa bentuknya, capek ngantuk semualahhh, jadi daripada ntar pas ndaki malah pada bessakitan semua, akhirnya kita mutusin "Oke, kita nginep beberapa jam di bungalow ini"

Udah nyetel alarm hape jam setengah 4 buat bangun dan langsung cuus ke pintu masuk Sibayak, eh ngaret juga karna efek ngantuk yang tak terbayar dengan hanya tidur 3 jam. Gerak ke pintu sibayak sekitaran jam 4 dan sampe di posko Sibayak sekitar jam 5 lewatan gitu. Duduk manis bentar sambil minum teh manis hangat, dan sekalian istirahat juga setelah dorong kereta yang ternyata ga sanggup naik jalan aspal yang agak terjal.




Sekitar jam set 6 kami baru gerak ke puncak Sibayak, dan sayang sekali kami ketinggalan sunrise yang dari awal jadi tujuan utama gara-garanya Fara sama Rosi masih ngantuk dan gakuat gitu mau nanjak, yaudahdehya karna ga mungkin juga ninggalin mereka, jadinya kami nanjak dengan istirahat setiap 10 langkah sekali (ecek-eceknya begitu, sangking banyaknya istirahat pas dijalan mau nanjak keatas)

Well, kami berangkat pas keadaan masih gelap gulita banget. Modal senter hp tinut-tinut, kami lanjutin perjalanan dan beberapa trek itu jalannya becek, ya harus hati-hati. Terasa banget kebersamaannya pas mau nanjak gini, yang didepan teriak "Awas jalannya becek", "Awas licinnn", "Awas ada batu gede" suka niih sukaa yang kaya gini.




Sepanjang perjalanan, ada view bagus dikit, footo, ada background yang kece dikit, jepret, tapi ya sayangnya foto-fotonya sebatas pake hape Rafi, karna ga ada persiapan sama sekali mau pergi, ditambah lagi ga ada izin juga dari mama, yaudahdeh kami pergi dengan modal hape yang batterainya tinggal setengah dan uang 50rb selembar dalam dompet. Bener-bener nekad.




Butuh sekitar 15-30 menitan lagi sampe puncak, kita ketemu sama pendaki lain yang udah ngecamp selama dua hari. Pas ketemu mereka, pas juga disitu Fara bbener-bener ga sanggup lagi buat ngelanjtuin ndaki dan akhirnya kita numpangin Fara buat tidur di campnya mereka, sementara aku sama Rafi naik ke lereng-lereng gunung buat nyari view yang bagus. Ga lama kemudian Iky sama Rosi nyusul aku sama Rafi ke lereng gunung, sementara Fauzan nungguin Fara yang lagi tidur di camp sambil ngobrol-ngobrol bareng pendaki pemilik camp.




Dari lereng, aku-Rafi-Fara-Rosi mutusin untuk ga lanjut ke puncak karen dikejar waktu, well karna aku ga izin alias "Nipu mama" buat bisa mendaki ini, paling enggak sebelum tengah hari kami udah harus sampai Medan lagi. Jadi kalau dari lereng terus kami lanjutin ke puncak, kayanya ga bakal bisa sampe Medan pas tengah hari. Akhirnya kami turun dan nyamperin pendaki yang campnya ditidurin Fara.




Cerita-cerita bareng pendaki ini, mereka ternyata anak T.Mesin ITM yang udah ngecamp disini selama dua hari. Mereka berempat, tiga cowo satu cewe, dan nama salah satu dari  mereka yang aku ingat cuman Juan, HAHA. Setelah ngobrol cukupp lama dan berbagi makanan juga, kami akhirnya mutusin buat turun. Perjalanan turun jauh lebih mudah ya ketimbang naik, karena langit udah terang mengarah ke panas banget, mataharinya nyala kleus gila, dan trek yang tadinya becek pas naik kita bantai aja, pas turun trek beceknya udah bisa dihindari.




Nyampe posko bawah tempat kami markirin kereta, disitu semuanya kaya "Alhamdulillah, sampe bawah" dan bdt nya lagi muka Fara sehattt, njerrr. Padahal selama perjalanan naik maupun turun muka dia sem banget HAHA (Sorry Far), Aku ga tau sih dia takut atau emang capek dan ga sanggup buat ndaki, tapi pas begitu nyampe bawah, muka dia yang paling "Yes, udah sampe bawah" Disaat yang lain pasang muka cape pake banget plus nyelonjorin kaki karna pegel (terutama aku yang agak was was sih ini betis nambah gede HHHH) eh Fara malah senyum senyum terus sok banget pake bilang "Ayok, ndaki lagi bareng aku berdua" (middle finger for you, Far)


Karna Fara ga sanggup jalan lagi, Fauzan dengan jiwa pahlawannya bilang "Sini far aku gendong" (Well, wly jann)


Kalau pas ndaki kami dari jalan lurusan bukit gundaling, nah pas pulang kami ewat jalan sidebuk-debuk. Ngelewatin Pertamina PLTPanasBumi. Karna ga ada sarapan sama sekali dan uang juga pas pasan tinggal 10rb, kami mutusin buat makan di Penatapan. Yah paling enggak makan nasi pake indomie rebus 10ribuan udah kenyang lah ya.

Selesai makan, ada dua optional, pertama balik ke bungalow buat istirahat bentar baru lanjut ke Medan atau langsung cus ke Medan tanpa ke bungalow dulu. Well, ngeliat jam udah sekitar setengah 11 siang kita mutusin untuk balik ke Medan aja lewat jalan potong di Medan Zoo.

Sampe rumah Fauzan pas jam 12 belas, dan semuanya pun tertidur pulasss. Aku bangun jam 1an gitu dan langsung minta anterin Fauzan pulang.


'N' for..? wkwk jadi ini tuh kaya balesan dari aku buat someone yang udah lebih dulu ngelakuin ini ke aku.


Nah segitu pengalaman aku PERTAMA KALI mendaki Gunung Sibayak. Next, pengen mendaki Gunung Sibuatan yang dinginnya 10 kali Gunung Sibayak dengan trek menantang dan perjalanan mendaki selama 8 jam. Doain ya ke capai, dan saat aku mau mendaki Gunung Sibuatan, harus izin sama mama karna min harus nginep 2 hari 2 malam di Sibuatan.

Ambil positifnya, dan buang negatifnya dari cerita aku diatas, see you

SYAPNA

Comments