MY HOLIDAYS KILLER


Jadi , kalau di Politeknik Negri Medan (selanjutnya bakal aku singkat jadi Polmed) ada istilah yang namanya KOMPEN.

Susah dijelasin secara rinci dan berbahasa (?). Jadi, intinya kompen itu adalah waktu kerja dan sejumlah rupiah yang harus dibayar sebagai denda atas ketidakhadiran dan keterlambatan mahasiswa /i selama satu semester. Sebenarnya niatnya baik sih, meminimalisir absen dan keterlambatan kami (mahasiswa/i), tapi yang aku ga setujunya ini, fakultas ku paling banyakkk loh kali-kaliannya.


Maksudnya gimana? Giniloh, semua ketidakhadiran dan absenku itu 12 jam 30 menit *ketahuan sering bolosnya* dan denda yang harus aku bayar itu Rp. 165.000 + kerja 56 jam 30 menit!!! Itu angka dikali berapa banyak sampe membengkak hampir 5 kali lipat dari yang aku lakukan? Aku merasa terdzolimi pemirsahhh T.T

Denda yang harus aku ganti jelasss mahal sekali jika dibandingkan dengan kompen temen aku anak jurusan tata niaga yang kompen 16 jam tapi cuman kena denda bayar Rp 54.000 dan tanpa kerja!!! Iya tanpa kerjaaaa!!! (Harus pake seru yang banyak ini mah) bisa dibandingkan dengan kompen aku yang hampir dikali 5 dan pake denda kerjaaaa? Emang jurusan sipil terkenal dengan KOMPEN TERMAHALLLL. *elus-elus dada* Sabar bill sabarrr

Next, aku muter otak buat bayar ini kompen, gimana caranya? Kalau uang jajan dipake buat bayar ini, lantas selama libur aku ga bisa kemana-mana karna budget kurang. Tapi ya mau ga mau harus pake uang jajan, emangnya income mu dari mana lagi kalo ga dari uang jajan bil? Hemm, pikiran -anak ga tau diri- pun mulai datang. Gimana kalau bayar kompen nya minta bagi dua sama mama? Kira-kira dikasi ga ya? Dikasi ga ya? Dikasi-engga-dikasi-engga. Bodo amat, gimana tau dikasi apa engga kalau ga ditanya dulu.

Akhirnya aku ngeberaniin diri buat nanya mama, "Ma kompennya kita bagi dua yaaa."
1...
2...
3...
*drum rolls*
"Enak aja, siapa suruh telat-telat, bayar sendiriii"
*hopeless*

Nothing to say sampe akhirnya aku ngeluarin jurus ampuh merayu mama : menye-menye, mengkek-mengkek, ngomong terusssssssss sampe mama risih dan akhirnya DIKASIHHH. Out of expect lagi! Rp 165.000 bagi dua, mama Rp 100.000 aku nya Rp 65.000 *peluk mama*

Masalah denda uang selesai, -udah dibayar dengan aman sejahtera lah pokoknya- tinggal masalah lapor ke ketua program studi buat minta jadwal denda kerja. Aku yang ga ngerti-ngerti amat mah udah iyain aja pas Pak Eka -nama ketua program studi- ngasih jadwal kerja aku ke Pak Budi sebagai pengawas dan aku dapet kerja di Bengkel. Aku yang dasarnya wong ndeso ora ngerti opo-opo yo geh geh wae, eh taunya Dinda -temenku yang juga sama dapet jadwal kerjanya Pak Budi- nyeletuk, "Kok Pak Budi, payah sama dia itu nantik, dahlah" abis ngomong gitu dinda nya langsung diem gitu, ya aku ga tau harus ngapain, usut punya usut, pas mereka -temen temenku- cerita sama senior masalah kompen ini, senior pada bilang "Sama Pak Bambang aja dek, enak kalau sama dia ga keras kali kerjanya, kalau sama Pak Budi, dah lah, bismillah aja" MAKSUDNYA APA COBA? KAN AKU KHAWATIR JADINYA HEMMM

Kan aku udah bilang, kalau aku ini kampungan sekaliii, jadi begitu denger 'kerja di bengkel' otakku langsung connect ke : yes, pake baju bengkel. Jujur ni ya, aku anaknya gratil banget, (pada tau gratil ga sih?) pengen tau bangettt, di ekspetasi aku itu cewe masuk bengkel itu 'cewe strong banget' pokoknya cewe cantik manja kulit putih bersih wajah berseri obat dokter ga mampulah masuk bengkel HAHA.

Ditambah dengan desas-desus Pak Budi yang ngawas bakal "gabiasa aja", ekspetasiku jadi berubah begini : kerja di bengkel dengan pengawas yang "hemm" pasti kerjanya keras, oke, aku bisa, aku kan strong.

Guess what? Hari pertama aku-Dinda-Rosi-Anis disuruh bersihin parit! IYA PARIT!!! Jadi ada semacam kolam ikan yang dibuat jadi miniatur bendungan gitu di jalan penghubung antara bengkel sipil yang satu dengan bengkel sipil yang lainnya.

Diluar dari ekspetasi sekaliii T.T

Dan itu berlanjut di hari kedua. Seharusnya hari sabtu gak ada mahasiswa /i lain yang bayar denda kerja kompen di bengkel maupun lab, tapi karna hasil konsultasi ke Pak Budi di hari pertama, akhirnya kami mutusin buat kerja di hari sabtu. Ngapain juga dirumah kan, pembodohan ga ada ngapa-ngapain, pikirku. Kerja di hari kedua ini kami disuruh bersihin seluruh bengkel kayu, mulai dari nyapu lantai, ngelap alat-alat, ngebuang sampah sekam kayu, sampe ngepel lantai. Lagi-lagi diluar ekspetasi, pertanyaannya : jadi kapan aku kerja yang ke-laki-lakiannn??? *berharap Pak Budi baca pertanyaan barusan*

Dihari ketiga lebih sedikit lumayan 'kelaki-lakian' kerja yang di kasih Pak Budi: Benerin bolongan di pintu toilet dosen. Tapi anehnya, justru ketika kerja 'kelaki-lakian' yang kami dapat, ga ada aku kerja sama sekali. Semua yang ngerjain abang-abang D3 sipil, kami cuman duduk di depan toilet seraya ngeliatin abang itu kerja (mandor cantik gituuu) dan sambil berdoa supaya itu abang cepat selesai.
Duduk-duduk cantik di depan toilet nungguin abang itu benerin pintu. Ignore mukak dinda yang minta di lempar poop-_-

Voilaaa…
Seketika itu bolongan di pintu selesai dan abang itu langsung bilang “Sana dek, bilang sama Pak Budi kalau kelen udah selesai kerja” HAHA iya aku tau, abang itu baik, abang itu baik banget.

Pas lagi duduk-duduk cantik istirahat, tiba-tiba ada line masuk dari bang eka, dia ngirim capture-an marksheet hasil UAS. AKU PERINGKAT 1!! IYA!! PERINGKAT 1!!! Bahagianya naudzubillah dongsss, HAHA.
Senyum manis pas tau hasil UAS
Berapa menit kemudian, line dari bang eka masuk lagi, "Terbaru" katanya. 

Aku peringka 2. Oh, yaudah

Hari keempat, kelima, keenam still out of expect (lagi)-_- ya mau gimana lagi ya, kata-kata “Bersih-bersih” kaya udah jadi kodrat wanita.

Jadi bisa disimpulkan selama kompen -yang notabene “Pembunuh (sebagian) masa liburan aku”- aku jadi ‘Babunya bengkel’. Apa judul post ini aku ganti aja jadi “6 hari menjadi pembantu” atau “Ekspetasi vs Realita: Kompensasi Kampus”

Saran dong,


Comments