Senja Bercerita #3 | Bikin Arus Sendiri, Hayuk

Karena weekend, saya mutusin untuk keluar rumah hari ini. Niatnya sih karena libur kuliah juga, jadi ya apa salahnya sesekali jalan keluar. Saya pergi bareng Anis dan Angel ke salah satu mall yang ada di Medan. Masih kerasa suasana imlek, merah dimana-mana. Dan mereka yang keturunan cina juga dimana-mana. Ga mau kalah, kita yang mukanya indo banget juga dimana-mana. Rame dah pokoknya.

Rame, banyak orang, it means banyak juga yang bisa diperhatikan. Mulai dari gaya berbusananya, dari cara makannya, mulai dari pilihan baju yang ia coba, sampe alas kaki yang dipakenya, semua yang menurut saya menarik akan saya perhatikan. Beruntungnya nih, untuk pertama kalinya saya liat orang makan, nyuap nasi pake tangan kiri. euh sih, tapi positive thinking yuk, dianya kalau cebok pake tisu mungkin. 

Tapi dari semua yang saya perhatikan, ada satu tali penghubung yang menyatukan mereka -orang-orang-yang-saya-perhatikan-. Arus. Mereka mengikuti arus yang sama. Menggunakan pakaian dengan model paling terbaru, rambut di curl sampe-sampe kalau diliat dari belakang, saya pikir mereka orang yang sama. Yang jago banget jalan kaki di mall ga liat depan-kanan-kiri tapi fokus ke layar gadget dan kalo nabrak bukannya minta maaf malah melotot. Yang laki-laki ga lagi memperlakukan wanita dikeramaian sebagaimana mestinya. 

Miris sih. 

Arus yang diikuti kok yang kaya gitu sih. 

Makin kesini jaman makin canggih. Uang orang-orang makin banyak. Tapi akal sehat dan iman makin dikit. Bukannya saya sok paling bener make akal sehat atau paling banyak pahala, bukan. 

Yakali ngabisin waktu berjam-jam buat ngecurl rambut tapi jalan ke mall ga pake tujuan apa-apa. Cuman biar keliatan "berisi" aja weekendnya. Sayang listrik dirumah, buk. Ya kali tiap olshop bangkok open pre-order ikutan mesen tapi bayar uang kuliah sendiri aja belum mampu. Ya kali beli kopi ampe 50 ribuan tapi kotak infaq di Mesjid di lirik aja engga, apalagi kepikiran buat ngisi. 

Saya ga lagi nyindir siapa-siapa loh ya, ibaratnya, yang saya liat tadi tu gitu. 

Coba deh pikir, searus kan mereka semua? Arus ngabisin uang buat hal yang -menurut-saya-ga-penting-. Arus ngabisin waktu ke hal yang sebenarnya ga penting-penting amat. 

Coba deh, kalau mereka, kalau kita, membuat arus sendiri. Arus yang baik gitu. Jangan ngikutin arus orang yang udah tau buruk diikutin juga. Trend yang ada bukan untuk diikutin mentah-mentah. Filter dulu napa. Saya ga bilang trend atau arus yang ada itu buruk semua, engga. Suatu hal pasti ada baiknya ada buruknya juga. Belajar buat melirik dan menerapkan yang baik itu susah, kalau yang buruk mah ngikutinnya gampanggg.

Contohnya nih, arus yang ada pada make baju-baju terbaru dengan aksesoris mahal dan sepatu trendy buat nongkrong-nongkrong cantik di mall. Coba deh bongkar lemari, lirik baju lebaran 2 tahun lalu yang gakepake, putar otak, cari referensi, bikin mix and match pake bawahan yang jadi oleh-oleh tante waktu itu dan sepatu yang biasa dipake kuliah juga oke nih. Cling! Gaya kamu ga kalah sama mereka yang tiap bulan bajunya baru. 

Nah ini arusnya kamu, kreatif! 

Coba deh bikin arus sendiri, arus yang baik, ga papa ga ada yang ngikutin awalnya, tapi konsisten aja ntar juga bakal ada yang ngeh kalau arus yang kita buat itu baik, pantas untuk jadi trend dan ditiru sama orang banyak. Jadi menginspirasi, kan?

Karena ga semua hal yang pantas di orang akan pantas di kamu. Ibarat kalau nyobain baju nih, ngepas-in bajunya ya di badan kamu, jangan dibadan orang. Kan kamu yang pake, bukan orang lain. Kamu ya kamu. Jadi dirimu sendiri. Kalau si A tiap minggu nongkrong di cafe mahal, ya mungkin dia emang punya waktu dan uang untuk itu. Lah kamu yang mungkin punya waktu tapi ga punya uang? Bukannya Allah pelit ga ngasih kamu rejeki yang banyak kaya si A, tapi Allah pengen nyuruh kamu menggunakan waktu yang kamu punya untuk berusaha hingga menghasilkan uang yang banyak dan nantinya, weekend kamu bisa sesantai si A.

Ngerti kan maksudnya?



Ada cerita apa hari ini?

Syapna

Comments